6 Cara Menggunakan Aplikasi KineMaster untuk Membuat Video

 Zaman sekarang begitu banyak orang yang mencari peruntungan dengan membuat video di Youtube. Tapi taukah anda untuk membuat sebuah karya video,baik untuk hiburan atau secara profesional ternyata sangatlah mudah. Karena sekarang telah ada aplikasi "kineMaster". Anda dapat dengan mudah membuat karya video dimana saja dan kapan saja dengan aplikasi ini.


KineMaster adalah sebuah aplikasi software yang bisa melakukan pengeditan video,sekaligus dapat membagikan video ke berbagai sosial media secara langsung.

Hadir dengan beragam fitur yang memudahkan siapapun penggunanya untuk melakukan aktivitas pemotongan video,penggabungan gambar dengan video dan menambah bermacam-macam efek menarik ke dalam sebuah tampilan video serta masih banyak lagi.

Berikut Tutorial Menggunakan Aplikasi KineMaster Untuk Membuat Video;

1.Mulai dengan Proyek Baru;

Memulai proyek baru di aplikasi ini baru bisa Anda lakukan setelah melakukan penginstalan aplikasi ini terlebih dahulu di hanphone Android Anda. Anda bisa mencarinya di Google PlayStore atau App Store jika Anda menggunakan iOS.

Setelah KineMaster terinstal,maka buka aplikasi tersebut dan lihat tombol bagian tengahnya,klik tombol tersebut. Cara menggunakan aplikasi KineMaster untuk membuat video selanjutnya adalah pilihlah  rasio aspek yang ada di dalam fitur KineMaster.

Ada 3 pilihan rasio, 1:1,9:16 dan 16:9 yang bisa anda bisa pilih untuk membuat video. Namun,jangan sampai salah penggunaannya ya. Rasio 1:1 biasanya cocok digunakan untuk unggahan ke feed instagram. Sedangkan 9:16, untuk status WhatsApp dan story instagram. Untuk rasio 16:9 bisa anda gunakan untuk mengunggah video di Youtube.

2.Siapkan Konsep dan Kumpulkan Cuplikannya;

Namun ,jika anda hanya ingin membuatnya sebagai hiburan saja,maka anda tinggal melakukan perekaman saja dan tak perlu pusing memikirkan konsep.

Rncangan konsep bisa dibuat jika anda membuat video untuk iklan atau tugas lainnya. Karena dalam membuat konsep,Anda harus memikirkan cerita yang hendak disampaikan dalm video. Jadi,video anda terlihat lebih terstruktur dan rapi dalam penyajiannya.

3.Simpan Semua Dalam Satu Folder;

Anda telah memiliki video yang telah direkam?? Memiliki gambar yang bagus untuk ditambahkan pada video?? Mempunyai lagu untuk soundtrack video Anda?? Jika semua itu telah Anda siapkan,maka cara menggunakan aplikasi KineMaster untuk membuat video selanjutnya adalah simpan setiap bahan tersebut masing-masing 1 folder.

Setelah itu,masuk ke media browser,disinilah seluruh video,gambar dan lagu tersebut ditampilakn. Pilih folder yang ingin anda edit lebih dulu dengan memasukannya dalam proyek yang telah sebelumnya anda tentukan rasionya. Ulangi proses ini pada setiap bahan yang hendak anda susun dalam proyek viddeo tersebut.

4.Bersiaplah Untuk Kreativitas Lebih Tinggi dengan Fitur Layer:

Dalam membuat sebuah video,Anda tentu tidak ingin tampilan video anda biasa-biasa saja bukan..?? Oleh karenanya cara menggunakan aplikasi KineMaster untuk membuat video yang kreativ adalah dengan menambahkan beragam macam layer. Apa saja layer yang dimaksud;

Layer yang dimaksud,bisa berupa teks,tulisan tangan,efek,lagu taupun sticker. Anda tinggal mengekliknya dan memilih layer mana dulu yang ingin ditambahkan dalam video. Setiap layer bisa dikostumisasi lebih lanjut sesui kebutuhan anda.

Seperti jika anda ingin menambahkan teks,maka cara menggunakan aplikasi KineMaster untuk membuat video adalah dengan mengeklik menu text,kemudian tulis kata atau kalimat yang hendak anda tambahkan. Setelah itu klik "OK",maka secara otomatis tulisan tersebut akan langsung masuk ke lembar proyek anda.

Dalam menu teks ini juga anda bebas memilih jenis font,menyetel tulisan atau memilih format lainnya. Untuk memilih font,Anda bisa mengeklik tombol ceklist yang ada di pojok kanan atas terlebih dahulu. Tombol ini fungsinya menentukan pilihan mode android atau latin.

Silahkan klik salah satu mode tersebut,kemudian klik menu anda mengubah font yang anda inginkan. Selanjutnya jika anda ingin membuat animasi keluar masuk pada teks,maka caranya menggunakan aplikasi KinMaster untuk membuat video adalah dengan klik tombol  Out Animation atau In Animation.

Langkah selanjutnya atur kecepatan animasinya dengan menggeser slinder dibawahnya. Jika anda ingin lebih lambat,maka geser ke 1,5. Namun,jika anda ingin lebih cepat,geser ke 0,5, setelah itu klik ceklist di pojok kanan atas. Selain itu,anda juga bisa mengutak atik kustomisasi lainnya seperti blending,opacity atau background color.

Cara menggunakan aplikasi KineMaster untuk membuat video lebih kreatif lagi adalah dengan menambahkan  handwriting. Disini anda bebas membuat guratan garis seperti tanda tangan,panah,simbol dan lain-lain. Untuk caranya,anda bisa mengeklik menu layer lalu pilih handwriting,kemudian simbol pensil yang berwarna merah. Setelah selesai klik tanda ceklist.

Sayang untuk menambahkan efek,anda hanya bisa menambahkan efek blur pada video anda. Kecuali jika anda membelinya secara premium dengan mengklik tombol Get More. Anda akan langsung memiliki banyak sekali efek yang menarik. Walau begitu,anda tetap bisa mengatur daerah mana yang ingin anda beri efek blur tersebut.

Caranya dengan melakukan drag mengecilakn dan memperbesar pada sudut kanan bawah atau melakukan rotasi dengan drag pada sudut kanan atas. Setelah itu klik tombol ceklist jika telah selasai. Itulah cara menggunakan aplikasi KineMaster untuk membuat video. Sedangakn untuk menambahkan overlay,seperti sticker,anda bisa kembali klik menu layer.

Dari Overlay ini akan muncul basic sticker seperti emotikon. Anda bisa kustumisasi sticker-sticker tersebut dengan merotasinya,menyetel pengaturan blending,opacity-nya,memperbesar atau memperkecilnya dan menggesernya. Setelah itu,jangan lupa untuk mengklik canda ceklist jika sudah selesai.

5.Fitur Audio Buat Video anda Semakin Bernyawa;

Adapun untuk menambahkan lagu atau soundtrack anda tinggal memilih menu audio. Disana anda bisa mengambil lagu atau memasukan hasil rekaman suara. Cara menggunakan aplikasi KineMaster untuk membuat video dengan tambahkan lagu adalah dengan memutar preview-nya,untuk itu anda bisa mengkliknya 1 kali saja.

Namun,untuk bisa memasukannya ke lembar proyek,anda harus mengklik tanda tambah,dan tekan ceklist jika sudah. Sedangkan,jika anda ingin langsung memasukan rekaman suara anda ,anda bisa mengklik Voice yang ada di menu,lalu tekan Start untuk memulainya. Setelah itu klik Stop untuk berhenti,maka otomatis rekaman itu masuk ke lembar proyek.

6.Atur Durasinya;

Cara menggunakan aplikasi KineMaster untuk membuat video lebih akurat adalah dengan mengatuur durasinya. Anda bisa mengatur durasi yang ingin dibuat lebih panjang atau lebih pendek. Caranya dengan menggunakan fitur Trim / Split,sedangakan untuk memindahakan anda bisa menggunakan fitur Move.

Demikan dan semoga bermanfaat.....