Smartphone Terblokir..?? Seperti Inilah Cara Daftar Imel Termudah

Sekarang ini daftar IMEL semakin mudah  sehingga regulasi pembelian smartphone legal lebih tertata rapi. Dengan begitu merek TKDN menjadi lebih terdorong karena akhirnya pabrik mendapat dukungan penuh dari pemerintah secara resmi. Tentunya dengan pendaftaran itu pula pembayaran pajak lebih teratur.

Juga pembelian ponsel yang garansinya secara resmi lebih menguntungakn dibandingkan ilegal. Dari segi harga sudah pasti semakin bersaing. Hal tersebut bisa membuktikan  keseriusan brand dalm memasukan  produk serialnya secara up to date. Dengan begitu ponsel tersebut dapat dipakai pada operator jaringan lokal.

Llu kenapa masih banyak membeli ponsel non resmi.?? Alasannya bermacam-macam,salah satu pendapat yang bersaing harga bersaing lebih murah dibandingkan negara tetangga. Selain itu,beberapa orang terkadang membeli ponsel secara ilegal karena smartphone impiannya tidak kunjung dirilis secara resmi.

Atau bisa juga karena mendapat hadiah dari luar negeri sehingga pertunjukan tidak resmi. Apa dengan IMEL..?? Bagaimana cara registrasinya..?? Pendaftarannya diterima oleh pemilik smartphone yang dapat menggunakan jaringan opertaor lokal lagi. Berikut adalah Cara registrasi IMEL berdasarkan petunjuk Bea Cukai,Antara lain;

1.Daftar IMEI ke Toko Pihak Ketiga;
Cara berikut dibuat sesui dengan petunjuk surat edaran Bea Cukai No, SF-12 / BC 2020, lebih tepatnya dari Direktoratnya langsung. Namun sebelum membahas tentang tahapan registrasinya,telusuri dulu sumber smartphonenya dari mana yang prosesnya semakin mudah.

Apakah anda mendapatkannya dari pembelian tokopihak ketiga e-commerco lokal atau alinnya sehingga ponselnya dianggap non resmi. Jadi misalnya saja anda baru saja membeli ponsel baru tidak resmi dari e-commerco lokal. Sayangnya di malam harinya sudah ada peraturan pemblokiran IMEI.

Sehingga ponsel tersebut tidak dapat digunakan dalam jaringan lokal. Karena unitnya bersegel resmi dan belum pernah terhubung sama sekali dengan operator lokal,otomatis ponsel tersebut tidak aktif. Sehingga anda harus segera daftar IMEI Hpnya dapat digunakan.

Bila hal ini terjadi,sebaiknya segera hubungi penjualnya. Minta bantuan untuk membeli pnsel yang baru dibeli. Bila ternyata mereka tidak mau membantu,solusinya adalah mencari data dari Bea Cukaisecara langsung sesui kebutuhan.

Sehingga dengan cara inilah anda bisa melakukan registrasi sendiri secara langsung,sekaligus biaya pajaknya sendiri. Jadi cara seperti ini bisa dilakukan secara mandiri tanpa bantuan orang lain bila membeli ponsel non-resmi dari e-commerco atau luar negri. Dengan begitu langkah-langkahnya lebih praktis tapi butuh biaya.

2.Tutorial Registrasi Secara Mandiri di Rumah;
Bila anda baru saja mendapatkan ponsel dari luar negri atau baru pulang ke Indonesia karena lama berada di negara orang,maka saat smartphone diblokir solusinya bisa menggunakan cara dibawah ini. Panduan ini bisa dilakukan meskipun smartphonenya belum pernah terhubung sama sekali dengan operator lokal.

1. Isi formulir daftar IMEI yang tersedia dari pihak Bea Cukai. Anda dapat mengunjungi kantornya secara langsung atau mengakses dari situs resminya melalui internet. Supaya lebih mudah,silahkan unduh aplikasi seluler Bea Cukai dari play stor gratiss.

2. Jangan lupa penuhi data diri dengan akurat,misalnya saja nomor identitas,nomor penerbangan , dll. Kemudian isilah data barang yang telah diblokir dan ingin mendaftarkan jaringannya. Proses pendafrtarannya maksimal 2 unit. Maasing-masing datanya harus diisi berdasarkan harga barang dan nmor IMEI dalam mata uang tertentu.

3. Bila permohonan anda sudah dikonfirmasi,maka tunggu sebentar karena akan mendapatkan kode QR serta kode pendaftaran secara langsung. Kedua kode inilah yang diberikan kepada petugas kantor Bea Cukai terdekat. Jadi anda tidak harus mengunjungi Bea Cukai dari bandara untuk daftar IMEI.

4. Tunggu selanjutnya,maka proses pembayaran dan perhitungan pajaknya segera dilakukan disana. Kemudian tunggu sebentar maka nomornya langsung mendaftar paling lambat selama 2 x 24 jam. Untuk nominal pajaknya bila harganya melebihi 500 USD sebesar 10% nilai pabean.

Sedangakn PPN yang harus dibayar 10% dari harga barang impor. Setiap pajak PPh selalu tertulis pada surat edarannya. Sehingga proses perhitungn dsn pembayarannya dilakukan secar transparan dan lebih mudah pengecekanny.
Seperti cara pendaftaran nomor secara mandiri.

3.Cara Registrasi Lewat Kargo / Pos Secara Mandiri;
Sementara itu jika anda melakukan pembelian smartphone melalui jasa kargo atau pos sehingga ponselnya secara non resmi,maka cara daftar IMEI kurang lebih sama seperti panduan sebelumnya. Namu khusus untuk cara yang satu ini ada campur tangan pihak kargo karena menjadi media pengiriman ponsel.

Cara melakukannya bisa berbeda-beda jadi tergantung berdasarkan jasa pengirimanya. Untuk informasi selengkapnya anda bisa memakai cara sebelumnya namun khusus pengisian kolom nomor penerbangan diubah menjadi nomor pelacakan atau airway bill. Sedangkan bagian paspornya diisi dengan nomor KTP.

Dengan menggunakan cara tersebut cukup membantuanda untuk mendapatkan nomor IMEInya seperti yang diinginkan. The when not some some not some use,more some peple has the morning this. Misalnya saja seperti jaringan hilang padahal ponselnya sudah pernah dipakai sebelum peraturan resmi seputar nomor tersebut dijalankan.

Selain itu ada pula yang kehilangan sinyalnya setelah tanggal 16 september,sejak peraturan diberlakukan,kemudian hari berikutnya sinyal kembali muncul.
Beberapa penyebab kejadian seperti ini masih belum diketahui dengan pasti.
Hanya saja bila anda mulai kehilangan sinyal karena kesalaha,solusinya adalah segera daftar IMEI.

Sehingga segala permasalahan seperti ini segera teratasi. Karena sebagus apapun ponselnya bila tidak dapat digunakan karena masalah sinyal,tentu itu akan membuat smartphone kehilangan fungsinya. Mak dari itu masalah ponsel bisa bekerja seharusnya,sudah seharusnya masalah ini segera di atasi dengan cepat.

4.Hal Penting Tentang Registrasi IMEI;
Seperti yanmg telah disampaikan sebelumnya bahwa ada orang yang kehilangan sinyal sejak peraturan diberlakukan,kemudian kembali muncul sinyalnya. Namun ada pula yang langsung kehilangan sinyalnya begitu saja. Kemungkinan besar penyebabnya karena pemerintah melakukan adaptasi  terhadap databesnya.

Itulah harapan pemerintah selalu menyarankan kepada masyarakat selalu melakukan pengecekan IMEInya secara langsung dari situs kemenperin online.
Meskipum sebenarnya hal tersebut tidak dapat dijadikan sebagai panduan mutlak unuk melihat ponselnya meskipun sudah tercatat atau belum daftar IMEI.

Haal ini pernah disarankan oleh beberapa orang yang membeli ponsel di negri orang,dimana IMEI ponselnya belum tercatat.Padahal saat digunakan setiap hari,jaringannya masih saja normal sampai saat ini meskipun tidak melakukan pendaftaran nomor secara mandiri.

Melihat hal tersebut,sejumlah operator lokal sekarang mulai menawarkan pengecekan nomor IMEInya sendiri tanpa mengakses situs kemenperin. Bagi pengguna Telkomsel dapat menghubungkan *337*1# untuk melihat kode USSD. Sedangakan XL dapat menekan  tombol *123*817#.

Nmaun perlu diingat cara ini hanya untuk mengecek statusnya,bukan registrasinya. Sementara untuk turis biasanya dapat menggunakan kartu sim khusus selama 90 hari. Mereka hanya dapat dikunjungi di operator seluler lokal bebas mendaftar ke kantor Bea Cukai. Dengan begitu proses daftar IMEI lebih praktis.