Berikut Cara Menandai Lokasi di Google Maps dengan Mudah

Peribahasa malu sesat di jalan rasanya masih tetap relevan ntuk saat ini.
Setidaknya hal itu dirasakan oleh penulis yang kadang buta arah ketika berada di daerah baru. Beruntung teknologi abad ke-21 semakin maju. Sehingga, jika tak menemukan orang untuk bertanya, kita masih tetap mendapat petunjuk arah.


Benar, pertanyaan tentang bagaimana cara kita agar bisa menuju ke suatu dijawab oleh aplikasi peta digital bernama Google Maps. Bisa dibilang, Google Mapas mengubah cara orang dalam bernavigasi. Jika dulu alat navigasi berbasis GPS hanya digunakan di kendaraan umum dan kepentingan eksplorisasi, kini setiap ponsel bisa jadi pemandu arah.
Berkat Google Maps, orang jadi lebih berani pergi ke sana kemari tanpa takut tak bisa kembali.

Hal yang Membuat Google Maps Menarik

1. Bis Memperkirakan Jam-jam Padat
Google Maps tentu saja menyediakan seluruh fungsi dasar peta sebagaimana aplikasi lain. Seperti memperkirakan jarak dan waktu tempuh perjalanan. Fitur dasar ini penting ketika seseorang akan menempuh prjalaan menuju lokasi baru. Opsi jalan yang diberikan tidak hanya satu, tetapi variatif.
Kadangkala kamu ditunjukan rute pedesaan yang sepi dan jarang dilewati orang. Karena itu, kamu bisa memilih rute dengan waktu tempuh terpendek. Tentunya dengan memperhatikan apakah rute tersebut satu arah atau dua arah. Resiko terjebak jalan macet pun bisa dihindari. Pasalnya Google Maps dapat memperkirakan jam-jam padat suatu jalan.

2. Memberi Rekomendasi Terdekat
Google ternyat melimpahkan sebagian fungsinya sebagai mesin pencari kepada Google Maps. Hal ini terjadi ketika kata kunci yang diterima berhubungan dengan lokasi. Kalau yang dibuka adalah Google Search, informasi mengenai lokasi hanya menjadi salah satu bagian dari seluruh informasi yang tersaji.

Misalnya, kertika kamu sedang mengetik "Bakso" dikolom pencarian, lokasi warung bakso terdekat ditampilakn di deretan paling atas. Selebihnya, informasi yang kamu dapat adalah artikel tentang bakso. Saat kamu memutuskan mengklik informasi lokasi tersebut, aplikasi Google Maps akan otomatis terbuka dan menunjukan rute.

3. Memfasilitasi Orang untuk Berkontribusi
Tidak semua lokasi bisa ditemukan di nGoogle Maps. Biasanya ini terjadi karena lokasi tersebut masih baru. Seperti warung makan, kos-kosan, kafe, destinasi wisata, dan lain sebagainya. Meski begitu, fenomena ini bukanlah masalah tanpa solusi.
Sebab, Google mempersilakan semua orang untuk menambahkan lokasi baru yang belum ada di Google Maps. Tidak sekedar menandai titik kordinat dengan sebuah nama. Namun, seseorang juga bisa berkontribusi dengan memberikan ulasan dan mengunggah foto-foto trkait lokasi tersebut.

4. Membuat Destinasi Jadi Lebih Terkenal
Seluruh lokasi yang dapat dicari lewat Google Maps tentu saja akan mendapatkan buahnya. Buah yang pertama adalah orang-orang tahu akses jalan menuju kesan. Kemudian buah yang kedu yakni suatu lokasi menjadi lebih terkenal karena makin banyak orang yang berkunjung.

Cara Menandai Lokasi di Google Maps

Menandai Lokasi di Google Maps via Komputer

Pertama kami akan menunjukan bagaimana cara menandai lokasi di Google Maps via Komputer, Untuk mengetahui tata caranya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka browser dan ketikkan alamat google.com/maps lalu tekan enter.

2. Arahkan pandangan ke pojok kiri, dan tekan simbol segitiga untuk meluaskan panel opsi.

3. Jika sudah, tekan simbol garis tiga mendatar.

4. Beberapa opsi muncul. Pilih opsi "Tempat Anda"

5. Silahkan login dengan akun Google terlebih dahulu

6. Kemudian, pilih menu "Disimpan"

7. Pada tahap ini, kamu diminta untuk menambahkan lokasi untuk disimpan di tiga daftar yang sudah ada [Faforit, ingin dikunjungi, dan Tempat berbintang]. Atau, kamu juga bisa membuat daftar baru dengan mengklik tombol [+] di pojok kanan bawah.

8. Tutup ponsel di samping kiri dengan mengklik [X], lalu temukan lokasi yang ingin kamu tandai.

9. Bila sudah ketemu titik lokasinya, klik satu kali hingga muncul simbol penanda berwarna hitam.

10. Klik angka-angka kordinat di bawah keterangan jalan.

11. Seketika akan muncul simbol penanda berwarna merah.

12. Klik opsi "Simpan" yang ada di panel kiri. Lalu, masukkan ke dalam salah satu daftar.

13. kini lokasi yang telah ditandai sudah kamu simpan ke dalam daftar. Lokasi yang kamu tandai siap dibagikan ke teman dengan mengklik simbol bagikan.

14. Bagikan lokasi yang kamu tandai dengan menyalin link. Kamu juga bisa membagikan lokasi tersebut ke blog pribadi dengan tautan yang ada opsi "Sematkan Peta".

Menandai Lokasi di Google Maps via Ponsel Andrid dan Ponsel iPhone

Kamu juga bisa menandai lokasi di Google Maps menggunakan ponsel, baik itu yang menggunakan perangkat Android maupun iPhone. Bagaimana caranya ?? Simak di bawah ini:

1. Buka aplikasi Google Maps di ponsel Android atau iPhone

2. Arahkan lokasi yang akan kamu tandai

3. Jika sudah ketemu, tekan titiknya sampai muncul ikon penanda warna merah.

4. Ketuk penanda merahnya sampai muncul jendela opsi.

5. Klik opsi "Save".

6. Setelah itu, kamu bisa memasukkan ke salh satu dari tiga daftar [Want to go Favorite, atau Starered place]. Kamu juga bisa membikin daftar sendiri.

7. Beri nama lokasi tersebut.

8. Selesai, kini kamu bisa langsung membagikannya ke teman-teman dengan mengetuk tombol bagikan di samping tombol titik-titik tiga di pojok kanan atas.
Tombol bagikan di ponsel android punya bentuk berbeda.

9. Untuk mengakses lokasi ini lagi, kamu tinggal menekan "Save" yang terletak di halaman pertama ketika membuka aplikasi. Lalu, masuk ke daftar sesuai yang akmu bikin.

Demikian artikel mengenai cara menandai lokasi di Google Maps.
Turorial ini adalah cara paling mudah untuk memeberi tahu lokasi kepada teman.
Sekian dan semoga bermanfaat...