Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Produk Asuransi Mobil Syariah Beserta Tips Pemilihan Perusahaan yang Tepat

  Mempunyai asuransi mobil syariah sekarang ini sepertinya sudah menjadi sebuah kebutuhan yang mendasar. Bagi sebagian orang bahkan kendaraan roda empat tersebut penting dalam membantu aktivitasnya sehari hari. Oleh sebab itu asuransi sangat diperlukan, berikut penjelasan lengkapnya yaitu:

Mengenal Asuransi Mobil Syariah

Bagi yang baru mendengar perihal asuransi mobil syariah tentu masih belum paham bagaimana maksudnya bukan? Hampir serupa dengan asuransi konvensional lainnya, jaminan yang diberikan terbilang sama. Terlebih lagi terkait layanan, mitra bengkel hingga premi yang ditawarkan.

Tidak hanya itu saja, asuransi yang satu ini juga memberikan jaminan perlindungan LTO dan all risk kepada kliennya. Namun yang menjadi pembeda asuransi syariah adalah prinsip transaksi yang diberlakukannya. Prinsip yang digunakan adalah prinsip untuk tolong menolong.

Hadirnya prinsip ini tentu membuat klien memberikan kuasa pada perusahaan untuk mengelola dana yang diberikannya. Selanjutnya, sebagai imbalan perusahaan akan mendapatkan ujrah atau imbalan. Namun perlu diingat, konsep dari asuransi tentu sesuai dengan syariat Islam.

Produk Asuransi Mobil Syariah

Maraknya pengguna mobil di Indonesia, membuat peluang bisnis dari asuransi pun meningkat. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya perusahaan asuransi yang kini menjamur dan menawarkan dirinya. Berikut beberapa daftar asuransi syariah yang  banyak diminati, di antaranya yaitu:

1. Takaful Umum

Asuransi mobil syariah pertama adalah takaful umum, merupakan jenis jaminan yang diberikan kepada kendaraan nonkomersial. Di dalam asuransi yang ditawarkan terdapat dua jenis polis standar yaitu partial loss dan comprehensive. Memungkinkan klien dapat memilih polis standar yang diinginkannya.

Tidak hanya itu saja, klien pun dapat mengajukan total loss yang biasa disebut dengan constructive total loss. Memungkinkan klaim hanya dikarenakan kecelakaan yang besaran biaya perbaikannya lebih besar dari 75 persen. Klaim yang dapat diajukan pun beragam jenis permasalahannya.

2. Otomate Syariah

Selanjutnya, asuransi syariah yang banyak diminati sebagai jaminan kendaraan adalah otomate syariah. Merupakan asuransi yang banyak memberikan produk layanan kepada para kliennya. Hal tersebut bisa dilihat dari beberapa fasilitas yang bisa didapatkan di antaranya yaitu:

  • Reparasi darurat.
  • Mobil pengganti.
  • Ambulans dan mobil Derek.

Beberapa fasilitas tersebut merupakan jaminan kendaraan yang disediakan lengkap, mengapa? Klien tidak perlu lagi bingung memikirkan kondisi atau pun pertolongan ketika sedang terjadi kecelakaan. Mengingat fasilitas yang telah diberikan oleh perusahaan sangatlah membantu.

3. Astra Buana Syariah

Memiliki prinsip serta kaidah keislaman yang saling tolong menolong, membuat asuransi buana syariah pun banyak digemari. Pasalnya perusahaan akan menerapkan sistem bagi hasil ketika klien tidak melakukan klaim. Untuk persentasenya sendiri dapat mencapai 50 persen, tergantung keuntungan yang diperoleh.

Hal lain yang dapat klien peroleh dari asuransi tersebut adalah layanan yang ditawarkan di antaranya pemberian premi dan paket. Nah, dalam setiap penawaran yang diberikan pun tentu disesuaikan sebelumnya. Pihak perusahaan akan melihat bagaimanakanh kelengkapan dari data kendaraan.

4. Autocillin Ikhlas

Produk  jaminan kendaraan syariah terakhir yang dapat dipertimbangkan para pemilik mobil adalah Autocillin Ikhlas tentunya. Merupakan polis yang berasal dari Adira Insurance dengan berbagai pilihan modifikasi iuran premi. Jadi wajar saja jika banyak klien yang mengajukan berlangganan.

Tips Memilih Asuransi Syariah

Ketika memilih sebuah perusahaan asuransi tentu terdapat beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan. Hal tersebut dilakukan agar jaminan yang dipilih tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Berikut beberapa tips yang dapat diketahui, di antaranya yaitu:

1. Memilih Perusahaan Asuransi yang Telah Diawasi

Tips pertama yang bisa diterapkan yaitu dengan memilih perusahaan asuransi yang sudah diawasi. Adanya pengawasan yang diterima oleh perusahaan asuransi adalah bukti dan penguat bahwa jaminan yang diberikan tersebut resmi. Memungkinkan klaim yang akan dijauhkan pun bisa diproses dengan mudah.

2. Menggunakan Dana Tabarru Sesuai Syariat

Selanjutnya yaitu dengan memakai dana tabarru berdasarkan syariat Islam, mengingat asuransi mobil tersebut berbasis syariah. Terdapat dana Tabarru berupa kumpulan uang yang akan digunakan sebagaimana prinsip yang berlaku. Hal tersebut masuk investasi yang telah menggunakan syariat Islam.

2. Memilih Perusahaan dengan Reputasi Baik

Adanya berbagai produk asuransi berbasis syariah yang ditawarkan kepada klien tentu menerapkan premi yang beragam. Memungkinkan reputasi perusahaan yang terbaiklah yang sudah seharusnya dipilih. Untuk dapat mengetahuinya, klien dapat melihatnya berdasarkan rasio likuiditas, dana jaminan dan lainnya.

Bukan hanya itu saja, klien pun bisa mengetahuinya dari risk based capital yang terjadi pada perusahaan tersebut. Adanya kehadiran Syariah Club Indonesia membuatnya menawarkan berbagai solusi yang komprehensif. Banyak penawaran terdapat di dalamnya selain kendaraan yaitu properti, angkutan serta perjalanan.

4. Mempunyai Mitra Bengkel Luas

Tips lainnya yang perlu untuk diperhatikan yaitu telah bekerjasama dengan berbagai bengkel. Hal tersebut tentu merupakan sebuah pertimbangan yang penting, mengapa? Mengingat kecelakaan ataupun hal yang mendadak bisa saja terjadi dimana pun, sehingga butuh jangkauan mitra yang luas.

Pemilihan perusahaan dengan mitra luas pun dapat memberikan kemudahan dalam melakukan perawatan ketika mobil mengalami kerusakan. Jadi klien tidak perlu bingung nantinya ketika ada kerusakan. Mengingat daftar mitra bengkel yang telah bekerjasama sudah diketahui dengan pasti.

5. Layanan yang Mudah Diakses

Hal paling penting yang harus dilakukan dalam memilih perusahaan asuransi yaitu dapat memberikan pelayanan yang mudah diakses. Mudah diakses di sini artinya setiap klien dapat dengan mudah menggunakan layanannya. Jadi tidak ada lagi kebingungan antara klien dan layanan yang dibutuhkannya.

Itulah penjelasan tentang asuransi mobil syariah yang dapat diketahui beberapa produk yang ditawarkannya. Bukan hanya itu saja, klien pun sekarang dapat memilih perusahaan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhannya. Memungkinkan jaminan yang digunakan pun tepat sasaran.