Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Asuransi Mobil dan Langkah Menentukannya

  Pada jaman sekarang ini tampaknya banyak orang yang belum mengetahui atau mengutamakan untuk menentukan asuransi untuk kendaraan yang kalian miliki salah satunya yaitu mobil. Sementara itu, mobil dibilang hal yang harus kalian daftarkan asuransi apabila kalian sudah memilikinya.

Bukan Cuma mampu memberikan perlindungan terhadap mobil, namun asuransi juga mampu memberikan perlindungan terhadap orang yang mengemudi bahkan sampai pihak ke-3 pada saat mengalami hal yang tak terduga.

Jadi, apakah sebenarnya asuransi itu sangat penting atau tidak?

Simak sedikit ulasan di bawah ini

Makna Asuransi mobil

Asuransi mobil ialah perusahaan asuransi  yang mengajukan pelayanan proteksi terhadap mobil yang kamu punya dan di manfaatkan untuk bekerja dengan mencakup pengawasan dari macam-macam akibat . Asuransi dikenal sebagai penerapan pengelolaan keuangan yang menjamin perlindungan pelanggan atau nasabah terhadap kerugian finansial. Asuransi mobil maampu menutupi kekurangan biaya apabila kendaraan anda tertimpa musibah contohnya tabrakan dan kehancuran. Lain dari itu, anda bisa melindungi kendaraan kesayangan anda dari bencana.

Asuransi mobil menawarkan penjagaan moneter dari anggaran yang harus ditanggung karena kehancuran mobi yang dikarenakan adanya kemalangan seperti tabrakan, terbentur dan yang lainnya. Jadi sudah bisa dipastikan bahwa asuransi mobil itu sangat penting karena mampu meminimalisir segala kerusakan pada mobil kamu.

Terdapat UU lalu lintas yang ditetapkan oleh Negara kita, yang bermakna semua pengemudi/pengendara wajib bertanggungjawab kepada pihak lain yang tidak bersalah untuk memberikan ganti rugi apabila mereka mengalami kerugian. Akan Tetapi pada umumnya sesorang mendaftarkan asuransi bukan untuk melindungi pihak ke-3 namun hanya untuk melindungi kendaraan dan juga pengguna kendaraan tersebut saja tanpa memikirkan nasib orang lain.

Bentuk Asuransi

Terdapat 2 bentuk asuransi yang sering dipaki di Indonesia, yaitu

  1. Asuransi Komprehensiv

Di sebut juga asuransi ekstensif yaitu asuransi yang menjaga mobil dari segala macam akibat yang di alami entah itu sepele ataupun sangat serius. Yakni asuransi yang mencakup semua jenis kerusakan, termasuk goresan penyok dan hilangnya kendaraan karena di curi. Asuransi ini juga menjamin rusaknya kendaraan yang disebabkan oleh bencana alam seperti banjir, angina puting beliung, longsor dan yang lainnya, jadi anda sudah tidak perlu khawatir apabila permintaan anda di tolak. Manfaatnya mampu menjamin semua konsekuensi, sehingga tariff semua premi asuransi jiwa berjangka lebih tinggi namun memiliki cakupan yang luas. AllRisk sangat cocok untuk asuransi kendaraan dengan jenis terbaru karena mempunyai jangka asuransi yang pendek contohnya 0-6 th.  Baik perusahaan asuransi swasta ataupun public yang menjual asuransi allrisk diikat oleh biaya premi allrisk nasional mulai dari 1,5-4,5%, tergantung pada kendaraan di wilayahnya masing-masing. Karena memiliki jaminan perlindungan yang sangat luas maka asuransi ini memiliki tariff premi yang lumayan tinggi, oelh sebeb itu banyak orang yang menimbang-nimbang sebelum meilih jenis asuransi ini.

  1. Asuransi TLO

Asuransi TLO  biasanya di kenal dengan asuransi kerusakan mutlak ialah asuransi yang mengajukan pertanggung jawaban akibat kemalangan. Rate asuransi TLO jauh ekonomis dari jenis asuransi  all risk karena asuransi ini tidak menanggung seluruh risiko yang dihadapi oleh mobil dengan minimal kerusakan hingga mencakup  70% dari biaya beli.

Ilustrasi : katakanlah pak bambang mempunyai mobil dengan harga Rp3500 juta kemudian mobil tersebut mengalami kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan dan harus diperbaiki dengan biaya Rp200 juta , karena banyaknya biaya yang di perlukan maka kerusakan dapat di tanggung oleh asuransi TLO.

Namun asuransi ini memiliki kelemahan yaitu lamanya waktu untuk mendaftar karena terdapat banyak sekali dokumen yang memang wajib disertakan untuk mendaftar jadi bisa memakan waktu yang cukup lama.

Langkah Menentukan Asuransi Terbaik

Sebelum mendaftarkan asuransi sebaiknya kalian pilih asuransi  yang paling baik dan yang perlindungannya mencakup banyak hal. Nah di bawah ini terdapat beberapa cara untuk menentukan asuransi terbaik, antara lain:

  • Pilihlah produk asuransi berdasarkan yang kalian butuhkan
  • Tentukan distributor yang bisa membantu kalian dan tentunya telah mempunyai sertifikat resmi
  • Tentukan perusahaan yang sudah tercantum dan di bawah pengawasan OJK
  • Isi SPPA dengan menggunakan data yang lengkap dan asli
  • Lakukan pembayaran premi untuk melindungi mobilmu
  • Lakukanlah perpanjangan polis sebelum masa berakhir.

Keutamaan Asuransi Mobil

Dengan adanya peningkatan pada pengemudi kendaraan berakibat pada kepadatan lalu lintas. Kalian sebagai pengemudi tentunya tidak hanya berhati-hati ketika sedang berkendara namun juga harus memiliki jaminan perlindungan terhadap mobil yang kalian miliki dengan cara bergabung di perusahaan asuransi. Terdapat bebagai keutamaan dari asuransi mobil, diantaranya:

  1. Mobil mempunyai jaminan perlindungan

Rugi pasti akan kalian peroleh apabila terjadi pembegalaan atau tabrakan. Asuransi mampu memberikan jaminan terhadap kendaraan kalian agar tidak mengalami kerugian yang berlimpah. Contoh kalian mengalami tabrakan dan mobil hancur parah dan harus diperbaiki dengan tarif yang sangat mahal, maka asuransi akan membantu meringankan tarif perbaikan itu.

  1. Memperoleh rasa nyaman dan tenang

Kalian tentunya sering merasakan rasa cemas ketika berkendara tentunya pada saat berkendara dengan jarak jauh. Namun dengan bergabungnya kalian dengan asuransi maka bisa dipastikan perasaan itu akan hilang dan berubah menjadi rasa aman dan tenang ketika berkendara karena kalian telah dijamin perlindungannya kapan saja kalian mengalami masalah.

  • Memperoleh perluasan pelayanan

Banyak bahkan bisa dibilang semua jenis asuransi memberikab perluasan perlindungan contohnya mendapatkan voucer gratis pengisian bbm atau yang memberikan pelayanan hingga 24 jam. Yang seperti itu nantinya akan dijadikan sebagai bahan untuk mempertimbangkan penggunaan asuransi.