Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Memiliki Asuransi Mobil dan Cara Klaimnya

  Asuransi mobil dapat menjadi jaminan sehingga membuat pemiliknya merasa aman, sebab ada yang memberikan perlindungan terhadap asetnya. Kendati demikian, masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengasuransikan mobilnya. Beberapa alasan yang kerap muncul adalah terbatasnya pembiayaan.

Membayar premi setiap tahun memang menjadi tantangan tersendiri untuk dilakukan. Kendati demikian, hal ini sepadan dengan perlindungan yang diberikan. Apalagi, semakin banyak perusahaan menyediakan layanan dengan berbagai premi. Berikut akan dibahas mengapa sebaiknya memiliki asuransi:

Manfaat Memiliki Asuransi Mobil

Memiliki mobil tidak terlepas dari risiko. Contohnya saja di perjalanan, dapat dilihat jika kecelakaan bisa terjadi karena satu dan lain hal. Belum lagi jika terjadi tindakan pencurian atau kejahatan yang dilakukan pihak ketiga. Dengan asuransi, akan ada berbagai manfaat yang didapatkan.

1. Menutup Biaya Apabila Terjadi Kecelakaan

Manfaat yang pertama yakni sebagai pelindung jikalau pemilik mobil mengalami kerugian seperti kejahatan, kebakaran, ada di kapal, dan sebagainya. Asuransi dapat menutup biaya untuk melakukan apa yang diperlukan, misalnya perbaikan untuk kerusakan minim hingga yang cukup parah.

Perusahaan biasanya sudah menjalin kerjasama dengan banyak bengkel, baik authorized maupun rekanan sehingga bisa diklaim di berbagai wilayah tanpa jauh-jauh datang ke pusat. Selama dokumen pengajuannya telah lengkap, klaim dapat dilakukan dengan cepat. Begitu juga SPK bengkel diberikan pada hari yang sama.

Tentu tidak seorang pun ingin terjadi tabrakan maupun kecelakaan. Meski begitu, proteksi sejak awal dengan asuransi sangat penting. Jika terjadi kecelakaan, setidaknya ada perlindungan yang dapat mengurangi kerugian. Baik itu tabrakan, tergelincir, terbentur, bahkan terperosok.

2. Memberikan Perlindungan Jika Mengalami Pencurian

Risiko pencurian dapat menimpa siapa pun. Hal yang tidak terduga seperti ini dapat dilindungi dengan asuransi. Dengan produk yang tepat dan pengajuan klaim hilang, dapat didukung dengan bukti rekaman dari CCTV. Bukti ini juga dapat digunakan untuk laporan ke polisi.

3. Bebas Tanggungan Pihak Ketiga

Jasa asuransi dapat meminimalisir kekhawatiran menanggung beban ketika terjadi kecelakaan. Dengan asuransi, pemilik mobil memerlukan biaya untuk dirinya serta kerusakan. Namun jika melibatkan orang lain, tentu wajib untuk menanggungnya.

Produk asuransi mobil yang berkualitas memiliki paket lengkap, bukan saja pembiayaan untuk dirinya melainkan juga pihak ketiga. Tentu hal ini akan mengurangi beban, karena biaya perbaikan serta perawatan ditanggung asuransi.

4. Sarana Investasi

Berinvestasi tidak hanya melalui saham atau emas, melainkan juga mobil. Belum banyak yang tahu jika menggunakan layanan asuransi untuk mobil dapat menjamin aset sekaligus sarana menabung.

Di waktu yang lebih panjang, asuransi dapat menjaga nilai dari mobil sesuai standar tinggi karena komponennya terjaga dari kerusakan fatal. Tentunya ini berpengaruh terhadap harga jual apabila suatu saat hendak dijual.

5. Mendapatkan Layanan Tambahan

Banyak perusahaan saat ini memberikan layanan tambahan untuk memenuhi berbagai kebutuhan darurat. Contohnya fasilitas untuk derek mobil, antar jemput, garansi, serta hotline yang bisa dikontak 24 jam untuk membantu mengatasi permasalahan mobil.

6. Memberikan Keamanan

Rasa aman merupakan hal yang teramat penting, terutama jika memiliki kendaraan. Dengan asuransi, pemilik mobil dapat merasa lebih aman karena dapat mengurangi pengeluaran sekaligus merencanakan keuangan.

Rasa was-was serta cemas dapat diminimalisir seandainya terjadi sesuatu yang buruk. Akan tetapi, meski ada asuransi tentunya wajib tetap berhati-hati ketika berkendara. Keselamatan diri maupun pengguna jalan yang lain harus menjadi prioritas.

7. Mendapatkan Berbagai Bonus

Asuransi mobil tidak hanya menyiapkan perlindungan secara maksimal hingga bantuan hukum apabila melibatkan orang lain. Ada manfaat lainnya yang akan didapatkan oleh nasabah. Contohnya bonus ketika membeli polis seperti voucher bensin, bonus untuk e-toll dan hadiah lainnya yang sesuai kebijakan masing-masing perusahaan.

Cara untuk Klaim Asuransi Mobil

Dari berbagai manfaat yang ditawarkan, terlihat jika asuransi memiliki banyak hal yang menguntungkan pemilik mobil. Sebelumnya, tentu ada serangkaian prosedur yang perlu dilalui. Sebagai gambaran bagaimana asuransi bekerja, berikut ini tahap untuk melakukan klaim:

1. Mendokumentasikan Kerusakan Atau Kerugian yang Terjadi

Lakukan dokumentasi terhadap apa yang terjadi dengan mobil. Foto kondisi dari mobil yang mengalami kerusakan, misalnya akibat kecelakaan. Pastikan fotonya jelas sehingga berkas bisa diproses dan dianalisis dengan lebih jeli oleh pihak asuransi.

2. Menyerahkan Berkas ke Bengkel

Bawa berkas-berkas yang dibutuhkan untuk mengurus asuransi. Hal ini dapat ditanyakan langsung ke perusahaan asuransi. Biasanya, berkas yang paling umum diminta adalah fotokopi KTP, SIM, surat kepolisian, serta STNK.

Berikutnya bisa langsung datang menuju bengkel rekanan. Tujuannya yakni melakukan pemeriksaan langsung agar dapat segera ditentukan tindakan apa yang akan dilakukan terhadap kerusakannya. Pengajuan klaim ini bisa dilakukan dengan menjelaskan kronologi sekaligus membawa bukti fotonya.

3. Mengisi Formulir

Isikan formulir yang berkaitan dengan pemakaian dana untuk asuransi. Sesudah pengisian formulir ini, perusahaan akan melakukan review terhadap kendaraan kemudian disesuaikan seperti programa asuransinya. Pastikan semua datanya telah diisi dengan betul agar tidak terjadi kekeliruan kedepannya.

4. Melakukan Konfirmasi

Pastikan telah memenuhi semua persyaratan untuk mengklaim asuransi mobil. Jika telah terpenuhi semua, bengkel akan segera menginformasikan ke perusahaan asuransi terkait untuk diproses. Apabila klaimnya diterima, bengkel akan segera mengurus perbaikan pada kendaraan.

Klaim ini juga berlaku apabila terjadi kecelakaan yang berhubungan dengan orang lain (pihak ketiga). Caranya dengan menambah bukti berupa foto serta surat keterangan yang berasal dari orang yang terlibat tentang kerugian yang dihadapinya.

Demikian informasi tentang asuransi mobil, alternatif terbaik menjaga kendaraan yang dimiliki. Saat ini ada banyak perusahaan asuransi yang memiliki produk-produk unggulan. Pemilik mobil tinggal menentukan pilihan yang paling sesuai dengan situasi dan kebutuhannya.